Jumat, 30 Januari 2015

Perusahaan transportasi trayek linenya didarat dan laut



Seputar pertanyaan
perusahaan tranpostasi bus trayeknya antar pulau?

Hmm, kok bisa ya bus melayani trayek antar pulau?. apa mungkin sama halnya dengan bus Sumatra yang melintasi pulau jawa dengan peyebrangan menggunakan Ferry besar mengangkut armada busnya?
jawabnya : TIDAK


 
·       ke dua foto sumber dari Liputan6.New dan tribun.com

  Sedikit Penjelasan tentang daerah trayeknya ;)
Kenapa saya bilang perusahaan ini melayani trayek antar pulau, naah saya jelaskan sedikit ya, dikarnakan Meranti Bunting dan selat panjang terpisah dari pulau Sumatra, kok bisa ya?
mara .. ketehek.. :p, hahaha kuasa tuhan lagi itu, kedua pulau ini dinamakan Pulau Padang (Meranti Bunting) dan Pulau Tebing Tinggi (Selat Panjang), liat dipeta, nooh betul pa ndak yang saya bilang?
kedua pulau ini masih masuk pada peta provinsi Riau, apalgi selalu dikaitkan dengan Riau Kepulauan? Walaupun sih 2 pulau ini termasuk daerah kepulauan, tp untuk diingat sekali lagi, 2 pulau ini masih masuk kedalam “Provinsi RIAU”
Dan dimana letak Tanjung Buton? Tanjung buton terletak jauh diujung pulau Sumatra, masuk Provinsi RIAU dan kabupaten Siak, kalo dilihat dari peta susah sih, jarang-jarang terdeteksi, tapi kalo agan lebih jeli, lihat sebelah kanan ujung pulau Sumatra, letaknya didepan pulau Padang, kampong ane, hohoho. Disanalah dia berada, trus-truuus perawang letaknya dimana? Aaah ndak usah dijelaskan lah, udaah capek tangan ini ngetik dikeyboard laptop, hehehe, searching aja gi Google Maps tulis Perawang,Riau,Indonesia, nooh pasti muncul toooh, mosok perawang aja ndak tau siiih, hihihi



·         Seputar pertanyaan armada bus dan Spidboatnya
hmm, sebelum saya menjelaskan lebih rinci tentang judul besar diatas, apa kalian pernah dengar bus Meranti Express, Porti Garuda dan Naga Line?, pasti kamu sendiri juga tau, bahwasannya 3 perusahaan tersebut bergerak di dunia per bisnisan transportasi darat dan laut dengan 1x perjalanan 3x transit.

cukup repot ya bagi yang mempunyai barang bawaan yang banyak?aahh tenang aja, ada jasa porter kok mengangkut barang kita, yang terpenting barang yang diletakkan dibagasi nanti diberi label sesuai nama beserta tujuan anda.

ü  Pertanyaan pertama :
Kok bisa ya dalam 1 perjalanan 3x transit?
apa tiketnye terpisah, atau jadi 1?

Jawabnya, sebelumnya, perusahaan ini mempunyai trayek yang sama yaitu P.Baru-Perawang-Buton-Meranti Bunting-Selat panjang, dikeculikan Naga Line tidak singgah spidboatnya dimeranti bunting..

untuk urusan tiket Cuma 1, yaitu ongkos Rp.170.000 P.Baru-Selat Panjang (pp)
kalo Naga line kurang tau juga karna belum pernah nyoba, pastinya tiketnya diatas Meranti Express dan Porti Garuda.




ü  Pertanyaan kedua :
Mengapa harus 3x transit? Padahal untuk perjalanan dari( P.Baru – Buton) bisa dilalui melalui jalan darat, mengapa mesti (P.Baru ke perawang) dulu menaiki spid boat melintasi sungai siak?
lalu diperawang ganti lagi menaiki bus menuju buton?

Jawabnya :Menurut pandangan saya sendiri dan pengalaman bolak balik dari kampong ke pekanbaru, perjalanan yang ditempuh dari ke 3 PO ini, mengapa harus melawati rute tersebut dengan 3x transit (P.Baru- Perawang)-(Perawang Buton), dikarnanakan lebih menghemat waktu, soalnya perjalanan dari P.Baru-Buton dengan jalan darat memakan waktu 3 jam lebih paling cepat dan paling joos kalo naik mobil pribadi (travel),blum terbayang sama kalian kan kalo lambatnya gimna?Apalgi naik travel, jemput penumpang dulu kemana-mana.
 sedangkat dengan 3PO 2x transit ini dari (P.Baru-Perawang) dibutuhkan waktu Cuma kurang dari 1 jam, dan perjalanan (Perawanng-Buton) Cuma memakan waktu 2 jaman, lebih efesien mana coba?
lalu perjalanan lautnya Cuma 1 jam lebih, lebih ringkasnya dari P.Baru berangkat jam 8 : 30 sampai dipelabuhan meranti Bunting jam 12 : 00. Dan sampai dipelabuhan Selat panjang jam 12 : 40



jikalau dibandingkan dengan Travel, star dari P.Baru jam 8 :30 paling lama dijemput dirumah, sampai di pelabuhan Buton 11 : 30, kemudian harus menunggu spidboat dulu yang berangkatnya jam 12 :30 barulah berangkat.

untuk masalah ongkos, ongkos travel Rp.90.000 dan naik spid boat Rp.75.000
Total  Rp. 165.000 lebih murah ternyata, hehehe.
Dan sampai kepelabuhan kampunng ane nih jam jam 13 : 40 Meranti Bunting, kalo untuk selat panjang jam 14 : 20, Lebih cepatan mana coba?

 


ü  Pertanyaan Terakhir :
Dan  mengapa harus 3x transit, sedangkat spidboat dari P.Baru bisa langsung ke selat panjang dengan menyusuri sungai siak?

Jawab :sedikit saya jelaskan, mesin spidboat ada 6 mesin, 1 mesin terdiri dari 200 cc berbahan bakar premium/bensin, untuk menyusuri sungai siak terlalu jauh menurut  admin, perjlanan pun memakan waktu lama, belum lagi konsumsi minyak yang besar, bayangkanlah bagaimana 6 mesin tersebut memakan minyak?
bisa sih dikurangi menjadi 5-4-3-2 ataupun 1, tp soal kecepatan dipastikan tidak setara dengan 6 mesin yang td kan?



Apalagi selama menyusuri sungai siak spid harus berjalan dengan kecepatan yang tidak tetap, dikarnakan banyaknya nelayan ditepian sungai, bisa-bisa sekali josssnya spidboat bisa tenggelam kapal nelayan yang sedang menjaring/memancing ikan terkena gelombang dari kapal ini, perjalanan pun jadi lebih lama,, HUUUUFFFTT,,,,

Ini beberapa foto armada busnya dipelabuhan Tanjung Buton:




 

Sudah mengertikah yang saya jelaskan panjang lebar diatas, hehehe?
kalo belum juga mengerti, atau mungkin ada yang janggal bisa juga memberikan komentar dibawah ini ataupun melalui :

Facebook    : Sabda Pandjaitan-sgn Anaknaburju
                     Sabda Pandjaitan II

Atau mungkin ada yang anda tahu tentang dunia transportasi khususnya bus yang ingin anda bagikan, silahkan kirim dalam bentuk Misrosoft Word ke E-Mail saya pandjaitan1997@gmail.com, kiriman anda nantinya akan diposting lewat blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar