CV.Makmur & Halmahera
Nama
PO ini sudah bukan barang baru di lintasan Medan - Riau, khususnya PO Makmur.
Ketenaran armadanya bahkan sudah dihafal oleh hampir seluruh masyarakat
diwilayah tersebut. Sehingga acapkali bila ditanyakan kepada penumpang dengan
tujuan Medan pasti jawabannya "Makmur". Bagaimana tidak, untuk trip
reguler tujuan Medan - Pekan Baru saja mereka nampaknya sudah memenuhi maksimal
kuota yang di maklumatkan oleh Dishub yakni 20 unit yang diisi oleh beberapa
kelas, Super Eksekutif, Royal AC, Patas, non ac hingga kelas fenomenal di Sumut
Ekonomi Toilet (Ekolet), barangkali akan di ulas lainkali tentang kelas ini.
Jumlah tersebut belum lagi ditambah dengan trayek2 seperti Dumai, Tembilahan, Duri,
Peranap dll... Halmahera yang menjadi
saudara sekandung mereka juga merangkai cerita yang sama tentang rute perjalanan
yang mereka dominasikan. Namun ada kisah yang menarik ttg armada mereka. Dimana
mereka membeli sekitar 10 unit armada gress, chassis baru dan body bus baru,
namun dibagi rata kedalam seluruh kelas, tidak ada pengecualian bagi kelas
wahid yang memiliki rasa dapur pacu Mercy OH 1526 yang sama dengan kelas Ekolet
yang memikul beban paket dengan AC alami sebagai sirkulasi udaranya. Tentang
banyaknya armada yang mereka jalankan setiap harinya (100an unit) adalah alasan
tersendiri bagi TS membubuhkan namanya di thread ini. Makmur identik dengan
warna ungu sedangkan Halmahera dengan warna merah. Sehingga pantaslah bagi
kalangan bismania di wilayah Sumatera memberi julukan "King of Medan -
PKU" untuk Makmur dan Halmahera.
Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/5357b3a082cf17ae700002be/mengenal-bus-sumatera
Untuk
armada ekonomi, dengan ac ditiadakan, mesin tentunya tak pernah berubah, selalu
memborong mesin dari jerman Marcedez Benz OH1526, jahitan karoseri Rahayu
Santosa dipercayakan untuk merakit body bus bernama skyliner.
Untuk
armada kelas diatas executive, tak tanggung-tanggung, yang biasa jahitan RS dan
CK sebagai pelanggang setia, kini dipercayakan kepada Karoseri Adiputro body
model travego JETBUS HD2 bermesin O5OOR 1823 dan Laksana ALL NEW LEGACY SR-1
juga bermesin O5OOR 1836.
Cukup
mengejutkan bukan? Ya inilah kejutan dari sang boss pemilik perusahaan lerlabel
M dan H tersebut.
Dengar-dengar
kabarnya juga, perusahaan satu ini akan membeli tronton atau lebih dikenal
dengan nama Marcedez Benz seri 0C500RF OH2542 Double Axle seperti milik bus
Kurnia dan Putra Pelangi Perkasa yang lebih duluan jadi.
Yang penting kita
tunggu aja kejutannya nanti (y)
Berikut
foto bus Makmur-Halmahera
Kritik dan
sarannya bisa disampaikan melalui
Facebook
: Sabda Pandjaitan-sgn Anaknaburju
E-Mail
:
pandjaitan1997@gmail.com
Instagram
: sabda_pandjaitan
Saya Suka Dengan Bus Makmur (Pekan Baru)
BalasHapusSaya mau tanyak. Kirakira brapaya biaya kirim kereta dari medan ke perawang?
BalasHapusDapat tiket dr pakam... Ac.. Toilet bau, krue kenek nantang berkelahi, tdk ramah. Pakaian tdk seragam tanda karyawan cv makmur.. Menaikkan penumpang di area smoking, Di luar ekapetasi..saya kecewa..
BalasHapusBus nya bagus,bangku sangat nyaman,kebersihan oke. tapi sayang supirnya tidak mau berhenti untuk sekedar solat,saya berangkat dari pekanbaru jam 19.30 malam,sampai paginya enggak pakai sholat subuh,enggak pakai sarapan,sampai medan,mau buang air besar pun susah ,tolong dong dimengerti.
BalasHapus